PEPER :ASAL-USUL PENGETAHUAN DAN HAKEKAT PENGETAHUAN

ASAL-USUL PENGETAHUAN DAN HAKEKAT PENGETAHUAN
BERBAGAI ALIRAN SEKITAR HAKEKAT PENGETAHUAN DAN SUMBER-SUMBER PENGETAHUAN

Seorang yang berakal tentu ingin mengetahui tidak hanya apa pengetahuan tetapi juga bagaimana ia muncul. Keinginan ini dimotivasi sebagian oleh asumsi bahwa penyelidikan asal-usul pengetahuan dapat menjelaskannya. Oleh karena itu, penyelidikan semacam itu menjadi salah satu tema utama epistemologi dari zaman Yunani kuno sampai sekarang.
Masalah asal-usul pengetahuan telah melahirkan dua macam perdebatan historis penting. Salah satunya menyangkut pertanyaan apakah pengetahuan bawaan-yaitu yang hadir dalam pikiran berasal dari kelahiran atau melalui pengalaman. Hal ini telah menjadi penting tidak hanya dalam filsafat tetapi juga dalam linguistik dan psikologi. Ada berpendapat bahwa kemampuan muda (tahapan perkembangan normal) anak-anak untuk memperoleh setiap bahasa manusia atas dasar lengkap dan bahkan tidak benar data selalu merupakan bukti adanya struktur bahasa bawaan, yang lain mencoba untuk menunjukkan bahwa semua pengetahuan, termasuk pengetahuan linguistik, adalah produk dari pembelajaran melalui pengkondisian lingkungan dengan proses penguatan dan penghargaan. Ada juga berbagai teori lain yang menyatakan bahwa manusia memiliki pengetahuan bawaan.
Apa yang dimaksud dengan pengetahuan ? Ketika mengamati atau menilai suatu perkara, kita biasanya menggunakan kalimat-kalimat seperti, saya mengetahuinya, saya memahaminya, saya mengenal, meyakini dan mempercayainya. Berdasarkan realitas ini, bisa dikatakan bahwa pengetahuan itu memiliki derajat dan tingkatan. Disamping itu, bisa jadi hal tersebut bagi seseorang adalah pengetahuan, sementara bagi yang lainnya merupakan bukan pengetahuan. Terkadang seseorang mengakui bahwa sesuatu itu diketahuinya dan mengenal keadaannya dengan baik, namun, pada hakikatnya, ia salah memahaminya dan ketika ia berhadapan dengan seseorang yang sungguh-sungguh mengetahui realitas tersebut, barulah ia menyadari bahwa ia benar-benar tidak memahami permasalahan tersebut sebagaimana adanya.
Tulisan berikut akan menguraikan mengenai apa itu pengetahuan (knowledge), asal-usul pengetahuan / sumber-sumber pengetahuan, jenis-jenis pengetahuan, faktor-faktor dalam memperoleh pengetahuan dan hakekat pengetahuan.

Selengkapnya klik, http://mohamadtaufik.blogstudent.mb.ipb.ac.id/ASAL-USUL PENGETAHUAN.dok atau ASAL-USUL PENGETAHUAN.pdf

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.